kliknikah.com

Tentang apa saja yang bisa dikaitkan dengan pernikahan namun tidak terbatas pada itu saja.

Cara Cerdas Pernikahan Islami Agar Tidak Menghamburkan Uang

KLIKNIKAH.COM - Islam tidak suka sesuatu yang tabdzir. Tabdzir ini adalah asal kata mubadzir yang artinya menghambur – hamburkan. Dalam hal apapun, dalam segi apapun dan dengan alasan apapun islam sangat tidak suka dengan sesuatu yang mubadzir, termasuk urusan menikah.

“Bagaimana tidak butuh uang banyak kan kalau pernikahan islami itu banyak yang harus disiapkan? Busananya saja tidak seperti biasanya?” 

Memang banyak yang berpendapat dan mengungkapkan aspirasinya sedemikian rupa ketika sedang membahas soal pernikahan islami. Sebenarnya pernikahan islami tidak harus mewah layaknya pernikahan artis sinetron kok. Mengenakan busana gamis biasa juga sudah cukup yang penting kan sesuai konsep dekorasi dan menutup aurat secara menyeluruh. 



Agar pernikahan islami Anda tidak banyak menghamburkan uang, ada beberapa tips yang Anda perlu jalankan!

Cara Cerdas Pernikahan Islami Agar Tidak Menghamburkan Uang

Ada beberapa cara cerdas dalam mengonsep dan menyiapkan pernikahan islami supaya budget yang Anda keluarkan sedikit diantaranya :

Hindari menyelenggarakan nikah di musim pernikahan

Anda sadar atau tidak sadar, nikah juga ada musimnya. Biasanya juga orang – orang di Indonesia menjalankan pernikahan pada tanggal yang dipilih berdasarkan dengan penanggalan hijaiyah atau Jawa. Dan biasanya pada penanggalan tersebut ada banyak orang yang menyelenggarakan pernikahan. 

Karena itu biasanya di musim nikah yang seperti ini pada umumnya biaya pernikahan mulai dari gedung pernikahan, gedung catering dan keperluan pengantin lainnya bisa tiba – tiba melonjak tinggi. Jika Anda tidak ingin ada yang seperti demikian, ada baiknya untuk Anda menghindari menyelenggarakan pada musim tersebut apalagi untuk Anda yang ingin menikah dengan konsep syar’i modern karena biasanya konsep ini lebih mahal dibandingkan konsep yang lainnya.

Manfaatkan fasilitas publik

Misalnya untuk acara nikah, kalau nikahnya didalam gedung kan pengeluarannya sangat besar. Karena itu agar biaya nikah bisa tertekan dengan sempurna ada baiknya Anda menghemat biaya gedung dengan cara menyelenggarakan pernikahan pada fasilitas publik. Dibandingkan Anda menggelar acara nikah pada sebuah gedung menyelenggarakan di taman kota, resto atau dirumah sendiri akan jauh lebih menguntungkan dan dapat menekan biaya.

Buat pernak – pernik pernikahan sendiri

Misalkan untuk souvenirnya. Jika Anda memang akan menikah, ada baiknya juga untuk Anda membuat pernak – pernik pernikahan sendiri karena itu akan jauh lebih murah. Misalkan karena temanya islami ada baiknya pernak – perniknya juga islami. Misalkan Anda buat pernak – pernik souvenir hijab kemudian Anda hias sendiri karena itu akan jauh lebih murah.

Demikian sedikit informasi yang kali ini bisa kami berikan. Semoga informasi diatas mengenai Cara Cerdas Pernikahan Islami Agar Tidak Menghamburkan Uang bermanfaat.